Banyak Dicari, Ini Penjelasan Jenis Kayu FJL!

_ (9)

Sebagai material yang banyak dicari masyarakat khususnya bagi para pengrajin kayu serta furniture, kayu memiliki berbagai macam bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Berdasarkan asal pohonnya, kayu terbagi menjadi 2 diantaranya yaitu kayu lunak (softwood) dan kayu keras (hardwood). Tetapi, berdasarkan pengolahannya kayu terbagi lagi menjadi kayu solid, kayu buatan, termasuk penyambungan beberapa kayu solid atau yang lebih dikenal dengan kayu Finger Joint Laminate (FJL). Hayo, siapa yang belum tahu apa itu Kayu FJL?

 

Pengertian Kayu FJL

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, kayu FJL merupakan penggabungan beberapa kayu solid yang disambungkan dengan teknik jari (finger joint) dan diproses dengan mesin khusus. “Terus, kenapa kayu ini dicari oleh banyak orang MinCro?”, nah karena kayu FJL berasal dari penggabungan beberapa kayu, maka dari itu kamu akan mendapatkan lembaran kayu dengan ukuran tertentu, serta lebih besar dan lebar.

Hal ini sangat memudahkan pengrajin kayu yang memiliki proyek besar untuk memenuhi keperluannya. Seperti untuk bahan konstruksi rumah, lantai, lemari, dinding, tangga, dan keperluan lainnya.

Untuk jenis kayu solid yang bisa dibuat menjadi kayu FJL pun bermacam-macam, mulai dari kayu pinus, kayu merbau, linggua, meranti, dan jenis kayu lainnya. Dari adanya perbedaan kayu ini, motif atau serat yang dihasilkan nanti tentu akan berbeda-beda. Selain itu, penggunaan kayu FJL diikuti dengan bahan kayu solid yang digunakan, misalnya kayu pinus untuk pembuatan lemari atau furniture dalam ruangan (indoor), kayu merbau dapat digunakan untuk membuat tangga atau lantai kayu, dan sebaginya.

 

Kelebihan Kayu FJL

Beberapa kelebihan yang menjadi alasan bahwa kayu FJL lebih banyak dicari yaitu

1. Kekuatan

Jika membicarakan kekuatan dari kayu FJL, kamu tidak perlu khawatir karena teknik penyambungan kayu finger joint dapat menghasilkan penyambungan kayu yang kuat.

2. Stabilitas

Pada beberapa kasus sering ditemukan kayu jadi melengkung, tetapi pada kayu FJL kemungkinan terjadinya melengkung pada sambungan kayu kecil.

3. Tampilan

Karena dibuat dengan menggunakan beberapa potongan kayu, tampilan dari permukaan kayu FJL akan terlihat indah dan memiliki nilai seni, termasuk dari bagian kotak-kotaknya.

 

Itu dia penjelasan mengenai kayu FJL. Gimana menurut kamu?

Untuk selanjutnya, kamu bisa membaca info seputar macam-macam teknik penyambungan kayu!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Woodworking Is My Life!

Saya mungkin salah satu orang yang memiliki banyak hobi, tapi hobi saya bisa dikategorikan menjadi satu. Saya senang membuat, membentuk, dan merakit. Jika ditanya sejak

Read More »