Beberapa Gaya Desain Kamar Tidur yang Menarik Perhatian

Sumber: pexels.com

Ruangan yang dapat kita gunakan untuk mengakhiri aktivitas sehari-hari yaitu kamar tidur. Kamar tidur merupakan sebuah tempat yang dipenuhi oleh hal-hal privasi bagi setiap orang. Selain beristirahat, sebagian orang menggunakan kamar sebagai tempat mencari inspirasi, oleh karena itu kamar tidur menjadi salah satu ruangan penting yang dimiliki oleh setiap orang.

 

Gaya Desain Kamar Tidur

Kamar tidur dapat didekorasi dengan gaya desain yang dapat memberikan kenyamanan untuk kita yang menempatinya. Jika kamu ingin mendekorasi kamar tidur, namun belum menemukan gaya desain yang diinginkan, berikut ini beberapa gaya desain untuk dekorasi kamar tidur

1. Kontemporer

Sumber: hgtv.com

Sebelum membahas kamar yang bergaya kontemporer, apakah kamu berpikir jika gaya kontemporer = gaya modern? Jika iya, sepertinya kamu keliru, mengapa? Karena dua gaya tersebut berbeda satu sama lain. Kontemporer merupakan sebuah gaya yang berfokus dengan tren yang saat ini sedang terjadi, sehingga gaya kontemporer lebih dinamis karena dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Sedangkan gaya modern berfokus tren yang berlangsung pada satu periode waktu tertentu.

Jika ingin mendekorasi kamar kamu dengan gaya kontemporer, dapat dilakukan dengan

  1. Gunakan warna-warna netral seperti coklat, hitam, putih
  2. Gunakan kayu jenis oakwood untuk dijadikan furniture seperti rak buku, panel dinding, ataupun lemari
  3. Manfaatkan gambar yang memiliki konsep monokrom sebagai pajangan, untuk menambah nilai estetika
  4. Pastikan kamar kamu memiliki pencahayaan alami yang baik, untuk membuat ruangan kamar terlihat lebih bersih, cerah, dan luas

2. Coastal

Sumber: thespruce.com

Jika kamu menginginkan suasana pantai berada di kamar kamu, gunakanlah gaya coastal yang identik dengan suasana pantai.

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendekorasi kamar dengan gaya coastal? Pertama,hiasi kamar kamu menggunakan warna biru dan putih agar menampilkan suasana yang luas. Lalu, gunakan motif garis-garis untuk mendapatkan ‘aura’ pantainya. Kemudian, buatlah furniture yang ada di kamar kamu seperti lemari, rak, dsb memiliki warna doff ataupun matte, karena warna yang mengkilap tidak termasuk ciri dari tema ini.

Sebagai pelengkap, gunakan pajangan-pajangan yang identik dengan pantai seperti kepiting, bintang laut, peta dunia, lukisan pantai hingga hiasan pasir ya.

3. Skandinavia

Sumber: decoist.com

Gaya yang ditampilkan pada tema ini, terinspirasi dari estetika sederhana yang disukai di negara-negara Nordik. Melalui tema skandinavia, kayu mentah, tekstil alami, serta batu dapat dipadukan menjadi satu.

Warna yang menjadi ciri khas dari gaya skandinavia yaitu warna putih. Warna ini dapat memudahkan kamu untuk memadukannya dengan warna lain, seperti tosca, peach, kuning, serta warna lainnya.

Ruang kamar kamu terbatas? Jangan khawatir, kamu tetap dapat menggunakan tema ini dengan cara menggunakan furniture-furniture kecil, lalu manfaatkan lokasi dibawah tempat tidur untuk dijadikan laci ataupun lemari kecil, agar kamar tetap terlihat luas.

4. Shabby Chic

Sumber: hgtv.com

Jika kamu menyukai warna-warna lembut (soft color) yang dipadukan dengan barang-barang bernuansa vintage dan motif bunga, aplikasikan tema ini pada kamar tidur kamu. Perpaduan dari tiga hal tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Untuk memulai dekorasi, kamu dapat menggunakan latar warna putih pada dinding lalu padukan dengan furniture kamu yang memiliki warna yang lembut. Pastikan ruangan kamar kamu tidak memiliki warna yang banyak, karena nantinya kamar akan terlihat kurang rapi.

Gunakan sprei serta selimut (bed cover) yang memiliki warna pastel serta motif bunga agar ciri khas shabby chic semakin terlihat. Kemudian, kamu dapat menggunakan lampu meja klasik untuk menambah keindahan kamar kamu.

5. Art Deco

Sumber: elledecor.com

Kembali pada era 20-an, gaya art deco dikenal dengan sesuatu yang glamor, canggih, serta penuh dengan hiasan. Kamar yang bertema art deco ini memiliki pencahayaan yang mewah dipenuhi dengan lampu gantung yang cantik, pola yang mencolok, penggunaan kain yang mewah, hingga cermin yang memiliki daya tarik.

Gaya art deco memiliki ciri khas pada kesan ruangan yang abstrak. Walaupun abstrak hasil akhir yang ditampilkan tetap memiliki keseimbangan serta keserasian yang baik. Sehingga, proses memadukan bentuk ornamen, warna, serta tekstur yang kontras menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang ingin menggunakan tema ini pada kamar kamu.

Beberapa benda yang dapat memberikan kesan gaya art deco yaitu material logam, kaca, kayu, hingga material plastik. Untuk mendekorasi kamar kamu dengan gaya art deco, gunakan warna-warna yang mencolok, bebaskan diri kamu untuk menggunakan warna apa saja hingga memunculkan kesan artistik hingga abstrak sekalipun.

 

Semoga info diatas bermanfaat, tunggu artikel MinCro selanjutnya ya!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest