Beberapa Jenis Klem Yang Harus Kamu Tahu!

19

Melakukan aktivitas di dunia perkayuan akan membutuhkan pengetahuan tentang hal-hal seputar jenis kayu, ide kerajinan kayu, hingga alat-alat yang dibutuhkan untuk membantu proses pembuatan kerajinan kayu.

Alat-alat perkayuan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu alat perkayuan listrik dan alat perkayuan non listrik. Alat perkayuan listrik dapat meliputi bor listrik, gergaji sirkel, mesin amplas, dan sebagainya.

Sedangkan alat perkayuan non listrik diantaranya yaitu gergaji manual, ketam, alat ukur, hingga klem. Sudah tahu belum apa itu klem?

 

Pengertian Klem

Klem atau clamp, merupakan salah satu alat perkayuan yang dapat digunakan untuk menjepit beberapa kayu agar berada pada posisi yang tepat pada saat kayu direkatkan ataupun dipotong. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa alat perkayuan yang satu ini berperan dalam menjaga keamanan bagi para pengrajin kayu.

 

Macam-macam Klem

Beberapa kebutuhan dalam melakukan kegiatan perkayuan membutuhkan jenis klem yang berbeda-beda. Jenis-jenis klem ini nantinya dapat membantu proyek kerajinan kayu yang sedang kamu kerjakan. Beberapa jenis klem diantaranya yaitu:

1. Klem jepit (spring clamp)

Jenis klem yang satu ini merupakan klem yang banyak digunakan oleh para pengrajin kayu. Cara kerjanya yaitu dibantu dengan adanya per yang ada di dalam klem ini.

Klem jepit hanya direkomendasikan untuk proyek yang ringan dan tidak digunakan sebagai alat penahan yang kuat. Selain itu, kamu tidak bisa menyesuaikan panjang dan lebar bukaan pada klem jepit.

2. Klem C

Seperti namanya, klem ini memiliki bentuk yang serupa dengan huruf C. Untuk menggunakan klem ini, kamu bisa mengatur ulir atau drat yang disesuaikan dengan kebutuhan proyek perkayuan yang ada.

Klem C terdiri dari beberapa ukuran, seperti klem C dengan ukuran 2 inchi dan ukuran 10 inchi.

3. Klem F

Tidak berbeda jauh dengan klem C, klem F juga memiliki bentuk yang mirip dengan huruf F dan juga terdapat ulir atau drat untuk pengaturan klemnya.

Perbedaannya dengan klem C yaitu, klem F dapat mengatur area kerja dari 20 cm hingga 150 cm.

4. Klem meja (bar clamp)

Klem meja dikenal juga dengan sebutan klem panjang. Fungsi dari klem meja ini yaitu merekatkan beberapa kayu yang memiliki area atau permukaan yang panjang. Bentuk dari klem meja yaitu seperti pipa ataupun besi kotak.

Kamu bisa menggunakan klem meja dengan cara memotongnya sesuai dengan kebutuhan proyek kamu.

5. Klem Sudut (corner clamp)

Jika kamu membutuhkan penjepit untuk menyambung dua kayu agar membentuk siku sebesar 90°, klem sudut cocok untuk kamu gunakan.

Penggunaan klem sudut ini pada umumnya dapat ditemukan dalam proyek pembuatan rak kayu, bingkai kayu, dan sebagainya.

 

Itu dia beberapa jenis klem yang bisa kamu gunakan untuk membantu aktivitas perkayuan kamu.

Semoga bermanfaat yaa!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest