Ingin Membuat Pintu Atau Jendela? Gunakan Jenis-jenis Kayu Ini!

Sumber: pexels.com

Banyak orang yang menggunakan bahan dasar kayu untuk memenuhi kebutuhan rumah mereka mulai dari kusen, furniture, hingga hiasan kerajinan kayu. Penggunaan material kayu ini selain karena memang menjadi salah satu bahan yang dibutuhkan, disisi lain kayu juga memiliki kesan naturan dan memiliki nilai seni yang tinggi terutama pada kayu yang memiliki kualitas yang sangat baik diikuti dengan ukiran kayu yang indah.

 

Sumber: pexels.com

 

Kusen merupakan salah satu kebutuhan rumah yang menggunakan kayu sebagai bahan materialnya. Mulai dari jendela, pintu, dan kebutuhan lainnya. Untuk pembuatan jendela dan pintu, kalian dapat menggunakan beberapa jenis kayu berikut ini

 

1.      Kayu Jati

Kayu yang menjadi salah satu primadona diantara kayu-kayu lainnya ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 50 meter loh. Kayu jati banyak ditemukan dalam bahan baku pembuatan rumah, furniture, jembatan, hingga kapal laut.

Mengapa banyak orang yang menginginkan kayu jati yang dikenal sangat berkualitas ini? Beberapa keunggulan dari kayu jati, diantaranya:

  1. Daya tahan kuat terhadap perubahan cuaca
  2. Tahan rayap
  3. Dapat mengkilap tanpa vernis
  4. Tidak mudah menyusut

 

2.      Kayu Meranti

Jenis kayu berikutnya yaitu kayu meranti. Kayu ini sangat terkenal di wilayah asia tenggara serta daerah tropis. Kayu jati banyak ditemukan dalam bentuk bahan konstruksi bangunan, furniture, hingga menjadi bahan pembuatan kertas.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kayu meranti yaitu:

  1. Memiliki daya tahan terhadap perubahan suhu
  2. Tahan rayap
  3. Awet dan tahan lama

 

3.      Kayu Kamper

Kayu kamper banyak digunakan dalam pembuatan furniture seperti jendela, pintu, coffee table, kursi teras, dan sebagainya. Penempatan kayu kamper disarankan tidak berhubungan langsung dengan pengaruh cuaca, dan lebih baik diletakkan pada ruangan yang kering. Tetapi, jika menginginkan kayu kamper memiliki kualitas yang lebih baik, berikan pengawet tambahan pada kayu kamper yang digunakan.

Beberapa keunggulan yang dimiliki kayu kamper diantaranya:

  1. Tahan rayap
  2. Tampilan warna dan serat kayu yang indah
  3. Mudah dibentuk walaupun tergolong kayu keras

 

Lalu, bagaimana proses pembuatan jendela dan pintu dari tiga jenis kayu diatas?

Untuk hal ini kamu dapat menggunakan sebuah bahan perekat atau lem yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti, menggunakan lem Crona 234 untuk interior, serta penggunaan lem kayu basah seperti Crona PU 888 yang juga dapat digunakan pada kayu kering untuk pembuatan pintu ataupun jendela eksterior.

 

Bagaimana cara membeli kedua lem tersebut? Anda dapat menggunakan fitur hubungi kami ataupun chat MinCro melalui media sosial resmi dari PT Crona Perkasa Solusindo

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest