Lantai Kayu Bermasalah? Begini Cara Mengatasinya!

Desain tanpa judul (8)

Demi mempercantik tampilan rumahnya, pemilik rumah tentunya akan menggunakan sesuatu yang menarik sesuai dengan keinginan mereka. Termasuk dalam menentukan bahan lantai yang digunakan. Berbagai macam bahan lantai dapat dijadikan pilihan untuk rumah kamu. Mulai dari berbahan keramik, marmer, granit, karpet, hingga lantai berbahan kayu solid.

Untuk lantai kayu solid sendiri, tidak sedikit orang yang menggunakannya, karena penggunaan lantai kayu dapat membuat telapak kaki kita tidak terasa dingin dibandingkan menggunakan lantai berbahan keramik ataupun marmer. Selain itu, penggunaan lantai kayu solid ini cocok buat kamu yang menyukai tampilan natural serta dapat membuat suasana seperti menyatu dengan alam.

Tetapi ada hal yang harus kamu perhatikan dalam menggunakan lantai kayu solid, diantaranya yaitu harus menggunakan kayu yang berkualitas dan pemasangan lantai kayu ini harus tepat. Jika tidak, nantinya akan timbul beberapa masalah pada lantai kayu.

 

Masalah Pada Lantai Kayu Solid

Berikut ini merupakan beberapa permasalahan yang dapat terjadi pada penggunaan lantai kayu

1. Tergores

Sumber: reddit.com

Penggunaan lantai kayu dapat dikatakan rawan terhadap goresan, terutama jika bergesekan dengan benda tajam atau benda lainnya seperti lemari yang dipindahkan dan menimbulkan goresan.

Permasalahan yang satu ini dapat kamu atasi dengan mudah kok. Caranya yaitu amplas bagian yang tergores secara perlahan-lahan dan tidak terlalu dalam, agar tidak membuat lantai kayu membentuk cekungan. Kemudian, bersihkan permukaan kayu dari debu, dan lakukan reaseling dan refinishing.

2. Memiliki celah yang terlalu lebar

Masalah yang satu ini dapat disebabkan oleh adanya perubahan cuaca yang membuat kayu dapat mengembang dan menyusut. Hal ini membuat lantai kayu yang satu dengan kayu lainnya memiliki celah yang lebar. Solusinya yaitu kamu dapat mengganti lantai kayu yang merenggang atau bercelah terlalu lebar.

3. Menggembung

Sumber: tandgflooring.com

Lantai kayu kamu terlihat menonjol atau menggembung? Hal tersebut dapat juga disebabkan oleh adanya kelembaban yang tinggi pada ruangan atau terjadinya permasalahan saluran air yang ada di bawah lantai kayu kamu.

Jangan khawatir dulu, permasalahan ini bisa diatasi dengan cara mencari tau dan mengatasi penyebab uttama dari kelembaban yang muncul. Lalu, biarkan lantai kayu sampai benar-benar kering. Setelah itu, lakukan pengamplasan pada bagian yang menggembung. Namun, jika permasalahan tetap berlanjut, cara terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu mengganti lantai kayu yang bermasalah.

 

Selain dari beberapa penyebab diatas, permasalahan lantai kayu juga dapat disebabkan oleh pemasangan lantai kayu yang tidak tepat atau tidak dilakukan oleh orang yang ahli di bidang tersebut.

Jadi, pastikan kamu menggunakan tenaga ahli dan usahakan hindari beberapa penyebab di atas ya!

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest