Memiliki Kualitas Yang Baik, Ini Dia Kayu Sonokeling

Sumber: canva.com

Sobat Crona, jika mendapat sebuah pertanyaan mengenai kayu yang memiliki kualitas bagus dan kuat, beberapa orang akan langsung menjawabnya dengan kayu jati. Padahal kayu jati bukan satu-satunya jenis kayu yang memiliki kualitas bagus dan kuat loh. Masih ada beberapa kayu lainnya, salah satunya yaitu kayu sonokeling.

Sumber: upload.wikimedia.org

Kayu sonokeling tentunya diperoleh dari pohon sonokeling. Pohon ini merupakan tumbuhan asli dari Indonesia tepatnya di pulau jawa. Tetapi sonokeling memiliki pesebaran di beberapa Negara lainnya seperti India dan Nepal. Pohon sonokeling memiliki habitat yang berada pada hutan hujan tropis.

 

Ciri Kayu Sonokeling

Sumber: canva.com

Kayu sonokeling termasuk ke dalam jenis kayu keras. Kayu ini memiliki tekstur serat kayu yang indah, dan berwarna ungu, bercorak hitam serta coklat kemerah-merahan. Hal itu membuat kayu ini menjadi lebih unik dibandingkan dengan kayu lainnya.

Kalau membicarakan sisi kualitasnya, kayu ini hampir memiliki kekuatan seperti kayu jati. Maka dari itu, kayu sonokeling juga dimanfaatkan untuk pembuatan furniture, seperti bangku, meja, lemari, dan sebagainya. Beberapa keunggulan lainnya yaitu kayu sonokeling tahan terhadap rayap, serangga, dan jamur perusak kayu, meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

Disisi lain, untuk mendapatkan kayu ini anda harus menyiapkan dana yang banyak. Karena nilai jual kayu sonokeling hampir melebihi nilai jual kayu jati, walaupun kualitasnya di bawah kayu jati.

 

Kelebihan Kayu Sonokeling

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari kayu sonokeling, diantaranya

  1. Pola yang indah pada seratnya

Arah serat pola lurus, terkadang berombak dan garisnya pun terlihat jelas

  1. Tekstur permukaan halus

Hal ini yang membuat kayu sonokeling mudah diberi pelitur dan diolah tanpa diamplas terlebih dahulu

  1. Memiliki warna yang menarik

Kayu ini berwarna ungu, bercorak hitam serta coklat kemerah-merahan. Diikuti dengan warna garis yang gelap hingga berwarna hitam. Sehingga memberikan tampilan yang menarik

  1. Daya tahan kuat

Adanya kandungan zat ekstraktif membuat kayu ini tahan terhadap serangan rayap, jamur, dan serangga lainnya

 

Kelemahan Kayu Sonokeling

Namun, walaupun terlihat seperti kayu primadona setelah kayu jati, kayu sonokeling memiliki beberapa kelemahan diantaranya yaitu

  1. Tidak bisa difinishing dengan warna terang

Karena warna dasar yang gelap, membuat kayu ini tidak bisa difinishing dengan warna terang. Oleh karena itu, jenis kayu yang satu ini tidak cocok untuk anda yang menyukai kayu yang berwarna terang.

  1. Kadar air cukup banyak

Hal ini dapat membuat proses pengeringan kayu sonokeling menjadi lebih lama. Jika digunakan sebelum pengeringan selesai, kayu akan mengalami penyusutan, melengkung, hingga memuai.

  1. Tidak semua bagiannya berkualitas tinggi

Kualitas baik pada kayu ini tidak didapatkan pada semua bagian pohonnya. Hanya bagian tengahnya saja yang memiliki kualitas paling baik diantara yang lainnya. untuk itu anda perlu memperhatikan bagian kayu sonokeling sebelum membelinya.

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest