Semen Acian Konvensional Atau Instan, Mana Yang Lebih Baik?

Sumber: unsplash.com

Acian merupakan salah satu proses konstruksi bangunan yang dilakukan setelah pengerjaan plesteran dinding. Fungsi dari dilakukannya acian untuk membuat pori-pori pada dinding tertutup serta memperhalus lapisan dari plesteran agar terlihat lebih rapi.

Pada umumnya, semen acian terdiri dari semen dan air yang dicampur menjadi satu. Ketebalan lapisan acian yaitu mulai dari 1 – 3 mm.

Untuk melakukan proses acian, diamkan plesteran selama ± 2 – 3 minggu. Hal ini bertujuan agar keretakan pada lapisan acian tidak terjadi. Pastikan lapisan plesteran sudah kering dan tidak mengalami penyusutan terlebih dahulu, serta lakukan proses acian dengan tepat.

Permasalahan yang dapat timbul pada acian yaitu:

  1. Retak pada lapisan acian
  2. Muncul noda pada acian dan cat

 

Mengenal Semen Acian Konvensional dan Instan

Semen acian yang banyak digunakan yaitu semen acian konvensional. Semen ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi, seperti merekatkan bata, menjadi bahan plesteran, serta bahan acian.

Namun, saat ini penggunaan semen acian konvensional sudah berkurang. Hal itu dikarenakan oleh banyaknya masyarakat yang beralih pada semen acian instan, salah satunya yaitu Crona Skimcoat.

Bahan yang digunakan pada semen acian konvensional hanya terdiri dari semen PPC biasa. Sedangkan semen acian instan sudah diatur dengan baik dan terdiri dari semen, kapur, serta bahan aditif pilihan

Untuk pengaplikasiansemen acian konvensional campurkan beberapa bahan seperti pasir, semen dan air sesuai takarannya. Sedangkan, semen acian instan hanya membutuhkan air saja.

 

Perbedaan Semen Acian Konvensional dan Instan

Secara sifatnya, acian konvensional lebih tahan terhadap sinar UV, namun lebih getas dan kurang plastis sehingga resiko timbulnya retak rambut lebih besar. Sedangkan acian instan lebih plastis sehingga dapat mengurangi resiko retak rambut.

Jika dilihat dari waktu yang diperlukan semen acian untuk mengering, acian yang menggunakan semen konvensional membutuhkan waktu ± 6 hari. Sedangkan penggunaan acian instan hanya perlu menunggu selama ± 4 hari.

Tips untuk memastikan dinding anda sudah kering atau belum, letakkan telapak tangan pada permukaan dinding. Jika masih terasa dingin dan berembun, berarti dinding belum siap untuk dilakukan pengecetan.

 

Setelah membaca penjelasan diatas, kamu lebih pilih plester instan atau plester konvensional?

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Woodworking Is My Life!

Saya mungkin salah satu orang yang memiliki banyak hobi, tapi hobi saya bisa dikategorikan menjadi satu. Saya senang membuat, membentuk, dan merakit. Jika ditanya sejak

Read More »