Ubah Ruang Tamu Dengan Gaya Desain Menarik Ini!

Sumber: unsplash.com

Tampilan sebuah ruangan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemilik rumah. Apalagi jika ruangan tersebut digunakan sebagai ruang tamu, tentunya anda akan memberikan tampilan yang terbaik, bukan? Untuk itu anda harus mendesain ruang tamu anda dengan baik. 

Ruang tamu yang baik dapat didukung dengan penerapan gaya desain yang bermacam-macam tampilannya, mulai dari desain yang simpel hingga desain yang rumit. Anda dapat mendekorasi ruang tamu anda dengan desain yang diinginkan. 

 

Gaya Desain Ruang Tamu

Sebagai tambahan inspirasi, berikut ini adalah beberapa gaya desain yang dapat diaplikasikan pada ruang tamu anda 

1. Rustic 

Sumber: instagram.com/delavalent

Gaya dekorasi yang satu ini cocok untuk anda yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan alam atau sesuatu yang bersifat natural/alami. Untuk mendekorasi ruang tamu dengan tema rustic, anda membutuhkan material seperti kayu, batu alam, ataupun logam. 

Sebagai tempat lampu, anda dapat menggunakan balok kayu untuk mendapatkan tampilan yang artistik. Lalu, tambahkan batu alam pada dinding yang dipadukan dengan material kayu untuk memperlihatkan nilai khas dari gaya rustic. Tampilan rustic memberikan rasa hangat karena suasana ruangan agak terasa gelap. Usahakan kayu yang dijadikan hiasan tetap memiliki tekstur yang kasar ya, agar kesan alami pada kayu tetap ada. 

2. Vintage 

Apakah anda sering mendengar vintage? Vintage merupakan gaya desain yang muncul sejak tahun 20 – 60an yang identik dengan warna-warna lembut (soft color) atau warna pastel. 

 

Sumber: homedesignlover.com

Jika anda ingin mendekorasi ruang tamu dengan gaya vintage, isi ruang tamu anda dengan meja atau coffee table, lalu letakkan vas bunga kecil diatasnya. Untuk dukungan pencahayaan, anda bisa gunakan lampu kuning dengan model gantung, agar suasana ruang tamu terasa kebih hangat.

3. Retro 

Sumber: femina.co.id

Tema atau gaya retro telah hadir sejak tahun 70  90an. Tampilan yang diberikan pada gaya retro dapat berisi benda dari masa lalu, benda bekas, hingga benda baru. 

 Penggunaan warna yang khas pada tema ini beragam, seperti kuning, oranye, merah dan sebagainya, tetapi tetap gunakan warna-warna cerah, ceria, dan sedikit agak pudar. Jika ingin mengisi ruangan dengan karpet pilihlah karpet yang berwarna-warni. Kemudian letakkan pajangan atau gambar berjenis pop art untuk menampilkan kesan gaya retro pada ruang tamu anda. 

Selain warna, gaya retro juga diwakili dengan motif kotak-kotak serta geometri. 

 

4. Minimalis 

Sumber: id.pinterest.com

Mendengar kata minimalis, hal apa yang langsung muncul dibenak anda? sesuatu yang memiliki tampilan bersih dan tidak rumit? Jika itu yang anda pikirkan, kurang lebih anda telah mengetahui apa itu gaya minimalis. 

Minimalis merupakan gaya desain yang berfokus pada fungsi benda dan simpel, dengan kata lain gaya desain ini menghindari penggunaan barang-barang tidak diperlukan, sehingga tampilan ruang tamu terlihat lebih bersih dan rapi. 

Untuk mengaplikasikan gaya minimalis, segera pilih barang-barang yang akan digunakan serta dipajang di ruang tamu. Sebelum itu, anda harus menggunakan cat dinding yang berwarna terang, seperti warna putih, untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Gunakan furnitur kecil agar ruangan tidak terlihat penuh. Kemudian, manfaatkan dinding untuk penempatan rak dinding untuk meletakan gambar, foto, ataupun hiasan tanaman untuk memperindah ruangan anda. 

Pastikan warna cat dinding tidak terlalu kontras dengan warna benda yang ada di sekelilingnya ya! 

5. Farmhouse 

Sumber: kenarry.com

Ingin memiliki nuansa pedesaan pada ruang tamu anda? Segera aplikasikan gaya farmhouse pada ruangan anda. Gaya desain ini terinspirasi oleh suasana rumah dan lokasi pertanian yang berada di luar negeri, seperti Amerika. Gaya farmhouse ingin memberikan tampilan pedesaan namun juga dipadukan dengan beberapa furniture modern. Hal ini tentunya berbeda dengan gaya rustic yang menggunakan dekorasi dengan tampilan yang benar-benar alami 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat ruang tamu bernuansa farmhouse yaitu 

  1. Gunakan lantai kayu, atau vinyl lantai bermotif kayu 
  2. Buatlah ruangan kamu memliki tone warna yang hangat seperti warna putih untuk dinding, coklat untuk furniture, krem, kuning muda hingga biru tua untuk warna hiasan lainnya 
  3. Sebagai tambahan, letakkan pot tanaman di dalam ruangan untuk pemanis ruangan 

 

 

 

Itu dia beberapa inspirasi gaya desain yang dapat digunakan untuk mendekorasi ruang tamu anda. 

Tunggu info-info lainnya ya! 

Table of Contents

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest